CAPAIAN PEMBELAJARAN |
ELEMEN |
MATERI DI BUKU DINAS DAN PRAKTIKUM |
SPIRITUALISASI |
Peserta didik dapat mendeskripsikan atom dan senyawa sebagai unit terkecil penyusun materi serta sel sebagai unit terkecil penyusun makhluk hidup |
PEMAHAMAN IPA |
PENGENALAN SEL |
Al Infitar :7 Dia menyempurnakan kejadianmu dengan anggota-anggota tubuh, dan Dia menjadikan susunan tubuh-mu seimbang? |
Memahami sistem organisasi kehidupan, dimulai dari atom, molekul, dan sel sebagai unit terkecil penyusun materi/makhluk hidup |
KETERAMPILAN PROSES |
Pengamatan sel dan uniseluler |
|
Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan serta melakukan analisis untuk menemukan keterkaitan sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tertentu (sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem pernafasan dan sistem reproduksi) |
PEMAHAMAN IPA |
STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH MAKHLUK HIDUP - MAKANAN DAN SISTEM PENCERNAAN - SISTEM PEREDARAN DARAH - SISTEM PERNAPASAN - SISTEM EKSKRESI |
Al Infitar :7 Dia menyempurnakan kejadianmu dengan anggota-anggota tubuh, dan Dia menjadikan susunan tubuh-mu seimbang? |
Menganalisis keterkaitan fungsi sistem organ dan kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut. |
KETERAMPILAN PROSES |
Uji Kandungan Makanan |
|
Uji Golongan Darah |
|||
Kapasitas Pernapasan Paru-Paru |
|||
Memahami hubungan konsep usaha dan energi |
PEMAHAMAN IPA |
USAHA ENERGI DAN PESAWAT SEDERHANA |
An Najm : 30 Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya |
Peserta didik memahami gerak, gaya dan tekanan,termasuk pesawat sederhana. |
|||
Mengelaborasikan pemahaman mengenai hubungan antara usaha dan energi dari suatu fenomena yang ditemui dalam kehidupan sehari -hari serta mengaplikasikan prinsip pesawat sederhana dalam mempermudah pekerjaan manusia.
|
KETERAMPILAN PROSES |
Usaha dan Energi potensial |
|
tuas/pengungkit |
|||
Peserta didik memahami getaran dan gelombang, pemantulan dan pembiasan cahaya termasuk alat- alat optik sederhana yang sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari |
PEMAHAMAN IPA |
GETARAN, GELOMBANG, DAN CAHAYA |
Al Kahfi : 54 “Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam al-Qur’an ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah mahluk yang paling banyak membantah.”
Ar Ruum : 46 Dan diantara tanda -tanda kekuasaanNya ialah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan untuk merasakan kepadamu sebagian dari rahmatNya dan supaya kapal dapat berlayar dengan perintahNya dan supaya kamu dapat mencari karuniaNya, mudah-mudahan kamu bersyukur.” |
Memahami getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari, menganalisis proses pemantulan dan pembiasan cahaya serta pemanfaatannya dalam alat-alat optik sederhana yang berkaitan dengan fenomena/ aktivitas yang dialami dalam kehidupan sehari –hari. |
KETERAMPILAN PROSES |
Bandul |
|
Membedakan perubahan fisik dan kimia serta memisahkan campuran sederhana. |
PEMAHAMAN IPA |
UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN |
Al Hadiid : 57 …Dan Kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia …. |
Menganalisis pemisahan campuran sederhana yang tepat |
KETERAMPILAN PROSES |
Sistem Penjernih Air Sederhana |
|
Peserta didik mengelaborasikan pemahamannya tentang posisi relatif bumi-bulan-matahari dalam sistem tata surya dan memahami struktur lapisan bumi untuk menjelaskan fenomena alam yang terjadi dalasm rangka mitigasi bencana. |
PEMAHAMAN IPA |
STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA |
Al Imran :190 “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal” |
Menganalisis fenomena alam terkait struktur lapisan bumi dalam rangka mitigasi bencana dan fenomena alam terkait posisi relatif bumi, bulan danmatahari dalam sistem tata surya. |
KETERAMPILAN PROSES |
Simulasi Pergerakan Lempeng Divergen & Kovergen (DI KELAS) |
|
Rencana praktikum |
No comments:
Post a Comment