CAPAIAN PEMBELAJARAN |
ELEMEN |
MATERI dan PRAKTIKUM |
SPIRITUALISASI |
Peserta didik memahami getaran dan gelombang, pemantulan dan pembiasan cahaya termasuk alat- alat optik sederhana yang sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. |
PEMAHAMAN IPA |
Cahaya dan alat optik |
An nur : 35
Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) Hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu |
Memahami getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari, menganalisis proses pemantulan dan pembiasan cahaya serta pemanfaatannya dalam alat-alat optik sederhana yang berkaitan dengan fenomena/ aktivitas yang dialami dalam kehidupan sehari –hari. |
KETERAMPILAN PROSES |
Sifat-sifat cahaya (Pemantulan dan Pembiasan) |
|
Peserta didik mampu memahami perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dan membuat rancangan kampanye pencegahan stunting di masyarakat |
PEMAHAMAN IPA |
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN |
Al An’am : 99
Dan Dialah yang menurunkan air dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. |
Peserta didik memiliki keteguhan dalam mengambil keputusan yang benar untukmenghindari zat aditif dan adiktif yang membahayakan dirinya dan lingkungan |
PEMAHAMAN IPA |
SISTEM KOORDINASI, REPRODUKSI, DAN HOMEOSTATIS MANUSIA - Sistem koordinasi manusia |
Al A’rof: 157
Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk |
Mengevaluasi dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif terhadap kesehatan diri dan lingkungan sehingga dapat mengambil keputusan dengan bijak |
KETERAMPILAN PROSES |
Uji zat aditif dan zat adiktif |
|
Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan serta melakukan analisis untuk menemukan keterkaitan sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tertentu (sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem pernafasan dan sistem reproduksi)
|
PEMAHAMAN IPA |
SISTEM KOORDINASI, REPRODUKSI, DAN HOMEOSTATIS MANUSIA - Sistem reproduksi manusia |
Al Mu'minun : 12-14
"Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami menjadikannya air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian, air mani itu Kami jadikan sesuatu yang melekat, lalu sesuatu yang melekat itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian, Kami menjadikannya makhluk yang (berbentuk) lain. Mahasuci Allah, Pencipta yang paling baik." |
Peserta didik memahami gerak, gaya dan tekanan,termasuk pesawat sederhana. |
PEMAHAMAN IPA |
TEKANAN |
Al-Insyirah ayat 1-3
Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?, dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu |
Memahami tekanan zat padat, cair dan gas dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari. |
KETERAMPILAN PROSES |
Tekanan Hidrostatis |
|
Peserta didik dapat membuat rangkaian listrik sederhana, memahami gejala kemagnetan dan kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan atau masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. |
PEMAHAMAN IPA |
LISTRIK, MAGNET, DAN SUMBER ENERGI ALTERNATIF |
An nisa : 1
Wahai manusia, Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu. |
Mengaplikasikan konsep rangkaian listrik sederhana dan keterkaitannya dengan gejala kemagnetan dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. |
KETERAMPILAN PROSES |
Rangkaian Listrik Seri dan Paralel dan Hukum OHM |
|
Kemagnetan (Gaya Lorentz) |
|||
Transformator (Step-Up & Step-Down) |
|||
Peserta didik mengenal pH sebagai ukuran sifat keasaman suatu zat serta menggunakannya untuk mengelompokkan materi (asam-basa berdasarkan pH nya) Dengan pemahaman ini peserta didik mengenali sifat fisika dan kimia tanah serta hubungannya dengan organisme serta pelestarian lingkungan. |
PEMAHAMAN IPA |
REAKSI REAKSI KIMIA DAN DINAMIKANYA |
Al furqan : 53
Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus.
|
Memahami pH sebagai ukuran sifat keasaman suatu zat dalam mengelompokkan materi asam-basa dan keterkaitannya dengan sifat tanah sehingga mampu menghubungkan sifat tanah dengan organisme dan pelestarian lingkungan |
KETERAMPILAN PROSES |
Uji Asam dan Basa |
|
Peserta didik mengidentifikasi pewarisan sifat dan penerapan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari
|
PEMAHAMAN IPA |
PEWARISAN SIFAT DAN BIOTEKNOLOGI |
Isra‟: 70 dan Sesungguhnya telah Kami muliakan anak- anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rizki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan
At- Tin ayat 4 Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya
|
Memahami konsep pewarisan dan penerapan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari. |
KETERAMPILAN PROSES |
Hukum Mendel |
|
Bioteknologi sederhana (pembuatan tape) |
|||
Bioteknologi sederhana (pembuatan yogurt) |
|||
Bioteknologi sederhana (pembuatan keju) |
|||
Peserta didik mengidentifikasi interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya, serta dapat merancang upaya upaya mencegah dan mengatasi pencemaran dan perubahan iklim. |
PEMAHAMAN IPA |
ISU ISU LINGKUNGAN - KESEHATAN LINGKUNGAN DI Indonesia - PEMANASAN GLOBAL - KRISIS ENERGI - KETERSEDIAAN PANGAN
|
Al Baqarah : 30 Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, Aku hendak menjadikan khalifah di bumi. Mereka berkata, Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu? Dia berfirman, Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui |
Wednesday, July 19, 2023
PEMETAAN CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) DAN RENCANA PRAKTIKUM KELAS IX 2023-2024
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
-
KURIKULUM MERDEKA T.P 2024-2025 I . HAKIKAT SAINS DAN PERCOBAAN DALAM IPA 1. Hakikat sains 2. Laboratorium IPA dan alat -...
-
Menurut wikipedia, sains atau Ilmu alam atau ilmu pengetahuan alam disingkat IPA ( natural science ) adalah istilah yang digunakan yang meru...
-
Konversi satuan panjang Satuan panjang lainnya yang harus diketahui: •1 inci = 2,54 cm •1 kaki = 30,48 cm •1 yard = 91,4 cm •1 mil (da...
No comments:
Post a Comment